a.burastabs, a.burastabs:link, a.burastabs:visited {display:block; width:102px; height:30px; background:#444444; border:1px solid #ebebeb; margin-top:2px; text-align:center; text-decoration:none; font-family:arial, sans-serif; font-size:12px; font-weight:bold;color:#FFFFFF; line-height:25px; overflow:hidden; float:left;} a.burastabs:hover {color:#FFFFFF; background:#666666;} #burasbar {width:auto; margin:0 auto;}

Jumat, 21 Oktober 2011

RPP PKn


RENCANA  PEMBELAJARAN  1
Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
SD/MI                         : Sekolah Dasar
Kelas/Semester            : III/II
Pertemuan ke              : 1
Alokasi waktu             : 2 x 35  (70 menit )


A.    Standar kompetensi  :
2. Melaksanakaan norma yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
B.     Kompetensi dasar     :
      2.1. Mengenal aturan-aturan yang berlaku di masyarakat   
 C. Indikator                 :
1.      Menjelaskan pengertian aturan/ norma
2.      Menjelaskan tujuan dibuat aturan
3.      Membedakan  3 (tiga) aturan yang berlaku di masyarakat
D . Pendekatan dan metode pembelajaran
      Model:    -Kooperatif Tipe STAD
Metode :  Ceramah, Tanya jawab, diskusi, pemberian tugas
E.  Sumber pembelajaran
      Bahan Ajar Norma masyarakat.
F. Alat dan bahan
·         Model  media pembelajaran “Norma Masyarakat”
G.    Strategi pembelajaran
Tahapan Pembelajaran

Guru

Siswa

Waktu

Metode
Kegiatan awal
Fase 1
Menyampaikan Tujuan dan memotivasi siswa
·    Salam pembuka
·    Menyampaikan tujuan pembelajaran (KD dan Indikator pencapaian hasil belajar)
·    Memotivasi siswa dengan menekankan pentingnya topik ini untuk keperluan lebih lanjut dan manfaatnya dalam kehidupan
·Mendengarkan penjelasan guru
·Mendengarkan motivasi yang diberikan guru

5 menit
ceramah
Fase 2
Mengajukan informasi
·    Guru menginformasikan bagian-bagian materi yang nantinya akan dipelajari siswa dalam  kelompok
·    Memperhtikan penjelasan guru
10 menit
ceramah

Kegiatan inti
Fase 3
Mengorganisasikan  siswa dalam kelas dengan anggota 4 siswa setiap kelompoknya
·      Meminta siswa untuk duduk berkelompok sesuai dengan kelompok
·      Memberikan lembar materi ,     2 set untuk tiap kelompok  dan meminta siswa untuk kerja berpasangan
Catatan :
Ø  Anggota kelompok ditentukan guru
Ø  Satu kelompok terdiri dari 4 orang  siswa
·   Segera duduk dalam kelompok

·   Menerima2 set  lembar materi melalui ketua kelompok masing-masing dan membagikannya kepada setiap pasang
·   Segera membentuk pasangan dalam kelompok
5 menit

Fase 4
Membimbing pasangan kelompok dalam bekerja dan belajar
·      Berkeliling mengunjungi kelompok pada saat diskusi kelompok berlangsung. Jika ada siswa yang bertanya maka guru memberikan jawaban untuk meluruskan pemahaman siswa
·      Jika siswa terlihat kurang aktif maka guru harus memberikan dorongan atau motivasi untuk lebih aktif dalam diskusi

·     Membaca materi
·     Melakukan diskusi dan bertanya kepada guru jika ada materi yang tidak dimengerti
·     Menerima dorongan atau motivasi dari guru
25 menit
Diskusi
Fase 4


·      Memberitahukan kepada siswa bahwa waktu telah selesai dan meminta siswa untuk kembali kekelompok

·      Membagi LKS
·      Meminta siswa secara bergantian untuk presentasi dalam kelompok  dan menjadi tutor yang baik untuk teman sekelompoknya
·      Meminta siswa untuk mengerjakan LKS
·      Meminta siswa untuk duduk tidak berkelompok
·     Selesai berdiskusi dalam pasangan, siswa kembali menyatu dengan kelompok
·     Menerima LKS
·     Mempresentasikan materi  yang dimilikinya dalam kelompok dan menjadi tutor sebaya
·     Mengerjakan LKS

·     Siswa duduk tidak berkelompok
10 menit
Diskusi
Fase 5

·      Membagi kuis dan meminta siswa untuk mengerjakan secara individu
·     Mengerjakan kuis secara individu
10 menit

Penutup
Fase 6
Memberikan penghargaan
·      Menyajikan pembahasan soal kuis dengan singkat
·      Mengevaluasi jalannya pembelajaran hari ini
·     Memperhatikan penjelasan guru
5 menit


Catatan :
Penghargaan kelompok akan diumumkan pada buletin kelas pada pembelajaran berikutnya
H.    Evaluasi
1)   Apa arti  norma?
2)   Mengapa aturan perlu dibuat?
3)   Sebutkan perbedaan  norma-norma  yang berlaku di masyarakat!
4)   Jelaskan ciri-ciri  norma sopan santun?
5)   Apa yang dimaksud dengan norma  agama?
7)       Jelaskan tujuan dibuat norma hukum?
RENCANA PEMBELAJARAN 2

Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
SD/MI                         : Sekolah Dasar
Kelas/Semester            : III/II
Pertemuan ke              : 2
Alokasi waktu             : 2 x 35 (70 menit)

A.    Standar kompetensi  :
2. Melaksanakaan norma yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
B.     Kompetensi dasar     :
      2.1. Mengenal aturan-aturan yang berlaku di masyarakat   
C. Indikator:
1.      Menjelaskan aturan agama
2.      Mengidentifikasi  aturan sopan santun
3.      Menjelaskan  aturan hukum
D. Model  dan metode pembelajaran
Model        :    -Koperatif Tipe STAD
Metode      :  Ceramah, Tanya jawab, diskusi, pemberian tugas
E.     Sumber pembelajaran
      Bahan Ajar Norma masyarakat.
F.      Alat dan bahan
      Media pembelajaran berupa model/maket “Norma Masyarakat”
G.    Strategi pembelajaran
Tahapan Pembelajaran

Guru

Siswa

Waktu

Metode
Kegiatan awal
Fase 1
Menyampaikan Tujuan dan memotivasi siswa
·    Salam pembuka
·    Menyampaikan tujuan pembelajaran (KD dan Indikator pencapaian hasil belajar)
·    Memotivasi siswa dengan menekankan pentingnya topik ini untuk keperluan lebih lanjut dan manfaatnya dalam kehidupan
·Mendengarkan penjelasan guru
·Mendengarkan motivasi yang diberikan guru

5 menit
ceramah
Fase 2
Mengajukan informasi
·    Guru menginformasikan bagian-bagian materi yang nantinya akan dipelajari siswa dalam  kelompok
·    Memperhtikan penjelasan guru
10 menit
ceramah

Kegiatan inti
Fase 3
Mengorganisasikan  siswa dalam kelas dengan anggota 4 siswa setiap kelompoknya
·      Meminta siswa untuk duduk berkelompok sesuai dengan kelompok
·      Memberikan lembar materi ,     2 set untuk tiap kelompok  dan meminta siswa untuk kerja berpasangan
Catatan :
Ø  Anggota kelompok ditentukan guru
Ø  Satu kelompok terdiri dari 4 orang  siswa
·   Segera duduk dalam kelompok

·   Menerima2 set  lembar materi melalui ketua kelompok masing-masing dan membagikannya kepada setiap pasang
·   Segera membentuk pasangan dalam kelompok
5 menit

Fase 4
Membimbing pasangan kelompok dalam bekerja dan belajar
·      Berkeliling mengunjungi kelompok pada saat diskusi kelompok berlangsung. Jika ada siswa yang bertanya maka guru memberikan jawaban untuk meluruskan pemahaman siswa
·      Jika siswa terlihat kurang aktif maka guru harus memberikan dorongan atau motivasi untuk lebih aktif dalam diskusi

·     Membaca materi
·     Melakukan diskusi dan bertanya kepada guru jika ada materi yang tidak dimengerti
·     Menerima dorongan atau motivasi dari guru
25 menit
diskusi
Fase 4


·      Memberitahukan kepada siswa bahwa waktu telah selesai dan meminta siswa untuk kembali kekelompok

·      Membagi LKS
·      Meminta siswa secara bergantian untuk presentasi dalam kelompok  dan menjadi tutor yang baik untuk teman sekelompoknya
·      Meminta siswa untuk mengerjakan LKS
·      Meminta siswa untuk duduk tidak berkelompok
·     Selesai berdiskusi dalam pasangan, siswa kembali menyatu dengan kelompok
·     Menerima LKS
·     Mempresentasikan materi  yang dimilikinya dalam kelompok dan menjadi tutor sebaya
·     Mengerjakan LKS

·     Siswa duduk tidak berkelompok
10 menit
diskusi
Fase 5

·      Membagi kuis dan meminta siswa untuk mengerjakan secara individu
·     Mengerjakan kuis secara individu
10 menit

Penutup
Fase 6
Memberikan penghargaan
·      Menyajikan pembahasan soal kuis dengan singkat
·      Mengevaluasi jalannya pembelajaran hari ini
·     Memperhatikan penjelasan guru
5     menit


Catatan :
Penghargaan kelompok akan diumumkan pada buletin kelas pada pembelajaran berikutnya

H.     Evaluasi

1)      Jelaskan tujuan    dibuat aturan di rumah ?
2)      Apa yang terjadi  jika tidak ada aturan  di sekolah ?
3)      Mengapa perlu dibuat  aturan di masyarakat?

RENCANA PEMBELAJARAN 3

Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
SD/MI                         : Sekolah Dasar
Kelas/Semester            : III/II
Pertemuan ke              : 3
Alokasi waktu             : 2 x 35 (70 menit)

A.    Standar kompetensi  :
2. Melaksanakaan norma yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
B.     Kompetensi dasar     :
2.2. Menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di masyarakat
C.     Indikator:
1.      Menunjukkan  contoh norma agama
2.      Memberikan contoh norma sopan santun 
3.      Menunjukkan contoh aturan hukum
D.    Model  dan metode pembelajaran
Model        :    -Koperatif Tipe STAD
Metode      :  Ceramah, Tanya jawab, diskusi, pemberian tugas
E.     Sumber pembelajaran
      Bahan Ajar Norma masyarakat.
F.      Alat dan bahan
      Media pembelajaran : model/maket  “Norma Masyarakat”
G.    Strategi pembelajaran
Tahapan Pembelajaran

Guru

Siswa

Waktu

Metode
Kegiatan awal
Fase 1
Menyampaikan Tujuan dan memotivasi siswa
·    Salam pembuka
·    Menyampaikan tujuan pembelajaran (KD dan Indikator pencapaian hasil belajar)
·    Memotivasi siswa dengan menekankan pentingnya topik ini untuk keperluan lebih lanjut dan manfaatnya dalam kehidupan
·Mendengarkan penjelasan guru
·Mendengarkan motivasi yang diberikan guru

5 menit
ceramah
Fase 2
Mengajukan informasi
·    Guru menginformasikan bagian-bagian materi yang nantinya akan dipelajari siswa dalam  kelompok
·    Memperhtikan penjelasan guru
10 menit
ceramah

Kegiatan inti
Fase 3
Mengorganisasikan  siswa dalam kelas dengan anggota 4 siswa setiap kelompoknya
·      Meminta siswa untuk duduk berkelompok sesuai dengan kelompok
·      Memberikan lembar materi ,     2 set untuk tiap kelompok  dan meminta siswa untuk kerja berpasangan
Catatan :
Ø  Anggota kelompok ditentukan guru
Ø  Satu kelompok terdiri dari 4 orang  siswa
·   Segera duduk dalam kelompok

·   Menerima2 set  lembar materi melalui ketua kelompok masing-masing dan membagikannya kepada setiap pasang
·   Segera membentuk pasangan dalam kelompok
5 menit

Fase 4
Membimbing pasangan kelompok dalam bekerja dan belajar
·      Berkeliling mengunjungi kelompok pada saat diskusi kelompok berlangsung. Jika ada siswa yang bertanya maka guru memberikan jawaban untuk meluruskan pemahaman siswa
·      Jika siswa terlihat kurang aktif maka guru harus memberikan dorongan atau motivasi untuk lebih aktif dalam diskusi

·     Membaca materi
·     Melakukan diskusi dan bertanya kepada guru jika ada materi yang tidak dimengerti
·     Menerima dorongan atau motivasi dari guru
25 menit
diskusi
Fase 4


·      Memberitahukan kepada siswa bahwa waktu telah selesai dan meminta siswa untuk kembali kekelompok

·      Membagi LKS
·      Meminta siswa secara bergantian untuk presentasi dalam kelompok  dan menjadi tutor yang baik untuk teman sekelompoknya
·      Meminta siswa untuk mengerjakan LKS
·      Meminta siswa untuk duduk tidak berkelompok
·     Selesai berdiskusi dalam pasangan, siswa kembali menyatu dengan kelompok
·     Menerima LKS
·     Mempresentasikan materi  yang dimilikinya dalam kelompok dan menjadi tutor sebaya
·     Mengerjakan LKS

·     Siswa duduk tidak berkelompok
10 menit
diskusi
Fase 5

·      Membagi kuis dan meminta siswa untuk mengerjakan secara individu
·     Mengerjakan kuis secara individu
10 menit

Penutup
Fase 6
Memberikan penghargaan
·      Menyajikan pembahasan soal kuis dengan singkat
·      Mengevaluasi jalannya pembelajaran hari ini
·     Memperhatikan penjelasan guru
5 menit


H.     Evaluasi

1)      Berilah 3 contoh  aturan di rumah
2)       Apa yang terjadi jika kamu melanggar aturan yang telah disepakati di rumah?
3)       Berilah 3 contoh aturan di sekolah 
4)      Berikan gambaran  akibat yang terjadi  jika melanggar aturan di sekolah!
5)      Berilah 3 contoh aturan di masyarakat  dalam menjaga kesehatan
6)      Berikan penilaian yang akan timbul jika  melanggar aturan di masyarakat
LEMBAR KEGIATAN SISWA 1
                                     Nama kelompok : …………..
                                     Anggota kelompok :
                                                   1………………………………
2………………………………
3………………………………
4………………………………

Amatilah  media yang menggambarkan rumah, sekolah, puskesmas dan taman di sebuah  kota yang damai dan hijau.
Lakukan diskusi  bersama kelompokmu!
Baca dan jawablah pertanyaan di bawah ini.

v  Berilah tanda centang (√) pada jawaban yang benar

perbuatan yang dilakukan
 norma sopan santun
norma agama
norma hukum
1.      berangkat sekolah minta ijin pada orang tua



2.      tidak terlambat masuk sekolah



3.      bergaul dengan siapapun tidak membedakan teman



4.      menyeberang jalan lewat zebra cross



5.      tidak boleh membunuh binatang sesuka hati



6.      mengucapkan salam jika bertemu teman



7.      berhenti jika lampu menyala merah



8.      tidak boleh merokok di puskesmas



9.      berjalan kaki di sebelah kiri jalan



10.  mendengarkan dan mematuhi nasihat orang tua





Kunci jawaban  LKS 1
1.      norma sopan santun
2.      norma hukum
3.      norma agama
4.      norma hukum
5.      norma agama
6.      norma agama
7.      norma hukum
8.      norma hukum
9.      norma hukum
10.  norma sopan santun








glosari
norma  : aturan; apa yang boleh dan tidak boleh
norma agama : peraturan  yang berasal dari Tuhan untuk orang yang beragama agar menaati perintah Tuhan.
norma hukum: aturan atau ketentuan  resmi yang dibuat oleh pemerintah. untuk mengatur tingkah laku seseorang atau masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
norma sopan santun: aturan yang dibuat ketika seseorang bergaul dengan orang lain.







LEMBAR KEGIATAN SISWA 2

Nama kelompok : …………..
Anggota kelompok :
1…………………………………….
2…………………………………….
3…………………………………….
4…………………………………….

Amatilah  media yang menggambarkan rumah, sekolah, puskesmas dan taman di sebuah  kota yang damai dan hijau.
Lakukan diskusi  bersama kelompokmu!
Baca dan jawablah pertanyaan di bawah ini.

v  Berilah tanda centang (√) pada jawaban yang benar
aturan
di rumah
di sekolah
di masyarakat
1. mengucapkan salam saat bertamu



2. minta ijin jika mau pergi pada bapak/ ibu



3.berpakaian seragam sekolah dengan rapi



4. dilarang meninggalkan kelas pada saat pelajaran



5. tidak boleh tidur larut malam



6. menjenguk tetangga yang sakit




7. dilarang merokok



8.berhenti pada saat lampu menyala merah



9.tempat parkir



10.buang sampah di tempatnya






Kunci jawaban  LKS 2
1.      di masyarakat
2.      di rumah
3.      di sekolah
4.      di sekolah
5.      di rumah
6.      di masyarakat
7.      di sekolah,  di masyarakat
8.      di masyarakat
9.      di masyarakat
10.  di rumah, di masyarakat








glosari
norma  : aturan; apa yang boleh dan tidak boleh
tujuan norma : sebagai panduan, tatanan dan kendali terhadap tingkah laku masyarakat













versi lapangan
LEMBAR KEGIATAN SISWA 1


Anggota kelompok :
1…………………………………….
2…………………………………….

Amatilah  media yang menggambarkan rumah, sekolah, puskesmas dan taman di sebuah  kota yang damai dan hijau.
Lakukan diskusi  bersama kelompokmu!
Baca dan jawablah pertanyaan di bawah ini.

v  Berilah tanda centang (√) pada jawaban yang benar
aturan
di rumah
di sekolah
di masyarakat
1.      mengucapkan salam saat bertamu



2.      minta ijin jika mau pergi pada bapak/ ibu



3.      berpakaian seragam sekolah dengan rapi



4.      dilarang meninggalkan kelas pada saat pelajaran



5.    tidak boleh tidur larut malam



6.    menjenguk tetangga yang sakit



7.   dilarang merokok



8.      berhenti pada saat lampu menyala merah



9.       tempat parkir



10.buang sampah di tempatnya











Kunci jawaban  LKS 1
1.      di masyarakat
2.      di rumah
3.      di sekolah
4.      di sekolah
5.      di rumah
6.      di masyarakat
7.      di sekolah,  di masyarakat
8.      di masyarakat
9.      di masyarakat
10.  di rumah, di masyarakat








glosari
norma  : aturan; apa yang boleh dan tidak boleh
tujuan norma : sebagai panduan, tatanan dan kendali terhadap tingkah laku masyarakat










LEMBAR KEGIATAN SISWA  2

Anggota kelompok :
1…………………………………….
2…………………………………….


Amatilah  media yang menggambarkan rumah, sekolah, puskesmas dan taman di sebuah  kota yang damai dan hijau.
Lakukan diskusi  bersama kelompokmu!
Baca dan jawablah pertanyaan di bawah ini.

v  Berilah tanda centang (√) pada jawaban yang benar
aturan yang dilanggar
di rumah
di sekolah
di masyarakat
1.      tidak diberi uang saku karena tidak   mau belajar



2.      dihukum orang tua karena bertengkar dengan adik



3.      parkir sembarangan, sehingga membuat macet lalu lintas



4.      dihukum  karena membuang sampah sembarangan di kelas



5.      tidak berhenti pada saat lampu menyala merah sehingga terjadi  kecelakaan lalu lintas



6.      dimarahi petugas puskesmas karena tidak tertib antri giliran



7.      dihukum guru karena tidak mengerjakan PR



8.      mencuri TV dibalai pertemuan RW



9.      dimarahi orang tua karena tidak minta ijin bermain ke rumah teman



10.  tertabrak kendaraan pada saat menyeberang ketika lampu hijau menyala








Kunci jawaban  LKS 2
1.      di rumah
2.      di rumah
3.      di masyarakat
4.      di sekolah
5.      di masyarakat
6.      di masyarakat
7.      di sekolah
8.      di masyarakat
9.      di rumah
10.  di masyarakat








glosari
norma  : aturan; apa yang boleh dan tidak boleh
tujuan norma : sebagai panduan, tatanan dan kendali terhadap tingkah laku masyarakat














Tidak ada komentar:

Posting Komentar