RENCANA PEMBELAJARAN 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
SD/MI : Sekolah Dasar
Kelas/Semester : III/II
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu : 2 x 35 (70 menit )
A. Standar kompetensi :
2. Melaksanakaan norma yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
B. Kompetensi dasar :
2.1. Mengenal aturan-aturan yang berlaku di masyarakat
C. Indikator :
1. Menjelaskan pengertian aturan/ norma
2. Menjelaskan tujuan dibuat aturan
3. Membedakan 3 (tiga) aturan yang berlaku di masyarakat
D . Pendekatan dan metode pembelajaran
Model: -Kooperatif Tipe STAD
Metode : Ceramah, Tanya jawab, diskusi, pemberian tugas
E. Sumber pembelajaran
Bahan Ajar Norma masyarakat.
F. Alat dan bahan
· Model media pembelajaran “Norma Masyarakat”
G. Strategi pembelajaran
Tahapan Pembelajaran | Guru | Siswa | Waktu | Metode |
Kegiatan awal | ||||
Fase 1 Menyampaikan Tujuan dan memotivasi siswa | · Salam pembuka · Menyampaikan tujuan pembelajaran (KD dan Indikator pencapaian hasil belajar) · Memotivasi siswa dengan menekankan pentingnya topik ini untuk keperluan lebih lanjut dan manfaatnya dalam kehidupan | ·Mendengarkan penjelasan guru ·Mendengarkan motivasi yang diberikan guru | 5 menit | ceramah |
Fase 2 Mengajukan informasi | · Guru menginformasikan bagian-bagian materi yang nantinya akan dipelajari siswa dalam kelompok | · Memperhtikan penjelasan guru | 10 menit | ceramah |
Kegiatan inti | ||||
Fase 3 Mengorganisasikan siswa dalam kelas dengan anggota 4 siswa setiap kelompoknya | · Meminta siswa untuk duduk berkelompok sesuai dengan kelompok · Memberikan lembar materi , 2 set untuk tiap kelompok dan meminta siswa untuk kerja berpasangan Catatan : Ø Anggota kelompok ditentukan guru Ø Satu kelompok terdiri dari 4 orang siswa | · Segera duduk dalam kelompok · Menerima2 set lembar materi melalui ketua kelompok masing-masing dan membagikannya kepada setiap pasang · Segera membentuk pasangan dalam kelompok | 5 menit | |
Fase 4 Membimbing pasangan kelompok dalam bekerja dan belajar | · Berkeliling mengunjungi kelompok pada saat diskusi kelompok berlangsung. Jika ada siswa yang bertanya maka guru memberikan jawaban untuk meluruskan pemahaman siswa · Jika siswa terlihat kurang aktif maka guru harus memberikan dorongan atau motivasi untuk lebih aktif dalam diskusi | · Membaca materi · Melakukan diskusi dan bertanya kepada guru jika ada materi yang tidak dimengerti · Menerima dorongan atau motivasi dari guru | 25 menit | Diskusi |
Fase 4 | · Memberitahukan kepada siswa bahwa waktu telah selesai dan meminta siswa untuk kembali kekelompok · Membagi LKS · Meminta siswa secara bergantian untuk presentasi dalam kelompok dan menjadi tutor yang baik untuk teman sekelompoknya · Meminta siswa untuk mengerjakan LKS · Meminta siswa untuk duduk tidak berkelompok | · Selesai berdiskusi dalam pasangan, siswa kembali menyatu dengan kelompok · Menerima LKS · Mempresentasikan materi yang dimilikinya dalam kelompok dan menjadi tutor sebaya · Mengerjakan LKS · Siswa duduk tidak berkelompok | 10 menit | Diskusi |
Fase 5 | · Membagi kuis dan meminta siswa untuk mengerjakan secara individu | · Mengerjakan kuis secara individu | 10 menit | |
Penutup | ||||
Fase 6 Memberikan penghargaan | · Menyajikan pembahasan soal kuis dengan singkat · Mengevaluasi jalannya pembelajaran hari ini | · Memperhatikan penjelasan guru | 5 menit | |
Catatan :
Penghargaan kelompok akan diumumkan pada buletin kelas pada pembelajaran berikutnya
H. Evaluasi
1) Apa arti norma?
2) Mengapa aturan perlu dibuat?
3) Sebutkan perbedaan norma-norma yang berlaku di masyarakat!
4) Jelaskan ciri-ciri norma sopan santun?
5) Apa yang dimaksud dengan norma agama?
7) Jelaskan tujuan dibuat norma hukum?
RENCANA PEMBELAJARAN 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
SD/MI : Sekolah Dasar
Kelas/Semester : III/II
Pertemuan ke : 2
Alokasi waktu : 2 x 35 (70 menit)
A. Standar kompetensi :
2. Melaksanakaan norma yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
B. Kompetensi dasar :
2.1. Mengenal aturan-aturan yang berlaku di masyarakat
C. Indikator:
1. Menjelaskan aturan agama
2. Mengidentifikasi aturan sopan santun
3. Menjelaskan aturan hukum
D. Model dan metode pembelajaran
Model : -Koperatif Tipe STAD
Metode : Ceramah, Tanya jawab, diskusi, pemberian tugas
E. Sumber pembelajaran
Bahan Ajar Norma masyarakat.
F. Alat dan bahan
Media pembelajaran berupa model/maket “Norma Masyarakat”
G. Strategi pembelajaran
Tahapan Pembelajaran | Guru | Siswa | Waktu | Metode |
Kegiatan awal | ||||
Fase 1 Menyampaikan Tujuan dan memotivasi siswa | · Salam pembuka · Menyampaikan tujuan pembelajaran (KD dan Indikator pencapaian hasil belajar) · Memotivasi siswa dengan menekankan pentingnya topik ini untuk keperluan lebih lanjut dan manfaatnya dalam kehidupan | ·Mendengarkan penjelasan guru ·Mendengarkan motivasi yang diberikan guru | 5 menit | ceramah |
Fase 2 Mengajukan informasi | · Guru menginformasikan bagian-bagian materi yang nantinya akan dipelajari siswa dalam kelompok | · Memperhtikan penjelasan guru | 10 menit | ceramah |
Kegiatan inti | ||||
Fase 3 Mengorganisasikan siswa dalam kelas dengan anggota 4 siswa setiap kelompoknya | · Meminta siswa untuk duduk berkelompok sesuai dengan kelompok · Memberikan lembar materi , 2 set untuk tiap kelompok dan meminta siswa untuk kerja berpasangan Catatan : Ø Anggota kelompok ditentukan guru Ø Satu kelompok terdiri dari 4 orang siswa | · Segera duduk dalam kelompok · Menerima2 set lembar materi melalui ketua kelompok masing-masing dan membagikannya kepada setiap pasang · Segera membentuk pasangan dalam kelompok | 5 menit | |
Fase 4 Membimbing pasangan kelompok dalam bekerja dan belajar | · Berkeliling mengunjungi kelompok pada saat diskusi kelompok berlangsung. Jika ada siswa yang bertanya maka guru memberikan jawaban untuk meluruskan pemahaman siswa · Jika siswa terlihat kurang aktif maka guru harus memberikan dorongan atau motivasi untuk lebih aktif dalam diskusi | · Membaca materi · Melakukan diskusi dan bertanya kepada guru jika ada materi yang tidak dimengerti · Menerima dorongan atau motivasi dari guru | 25 menit | diskusi |
Fase 4 | · Memberitahukan kepada siswa bahwa waktu telah selesai dan meminta siswa untuk kembali kekelompok · Membagi LKS · Meminta siswa secara bergantian untuk presentasi dalam kelompok dan menjadi tutor yang baik untuk teman sekelompoknya · Meminta siswa untuk mengerjakan LKS · Meminta siswa untuk duduk tidak berkelompok | · Selesai berdiskusi dalam pasangan, siswa kembali menyatu dengan kelompok · Menerima LKS · Mempresentasikan materi yang dimilikinya dalam kelompok dan menjadi tutor sebaya · Mengerjakan LKS · Siswa duduk tidak berkelompok | 10 menit | diskusi |
Fase 5 | · Membagi kuis dan meminta siswa untuk mengerjakan secara individu | · Mengerjakan kuis secara individu | 10 menit | |
Penutup | ||||
Fase 6 Memberikan penghargaan | · Menyajikan pembahasan soal kuis dengan singkat · Mengevaluasi jalannya pembelajaran hari ini | · Memperhatikan penjelasan guru | 5 menit | |
Catatan :
Penghargaan kelompok akan diumumkan pada buletin kelas pada pembelajaran berikutnya
H. Evaluasi
1) Jelaskan tujuan dibuat aturan di rumah ?
2) Apa yang terjadi jika tidak ada aturan di sekolah ?
3) Mengapa perlu dibuat aturan di masyarakat?
RENCANA PEMBELAJARAN 3
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
SD/MI : Sekolah Dasar
Kelas/Semester : III/II
Pertemuan ke : 3
Alokasi waktu : 2 x 35 (70 menit)
A. Standar kompetensi :
2. Melaksanakaan norma yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
B. Kompetensi dasar :
2.2. Menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di masyarakat
C. Indikator:
1. Menunjukkan contoh norma agama
2. Memberikan contoh norma sopan santun
3. Menunjukkan contoh aturan hukum
D. Model dan metode pembelajaran
Model : -Koperatif Tipe STAD
Metode : Ceramah, Tanya jawab, diskusi, pemberian tugas
E. Sumber pembelajaran
Bahan Ajar Norma masyarakat.
F. Alat dan bahan
Media pembelajaran : model/maket “Norma Masyarakat”
G. Strategi pembelajaran
Tahapan Pembelajaran | Guru | Siswa | Waktu | Metode |
Kegiatan awal | ||||
Fase 1 Menyampaikan Tujuan dan memotivasi siswa | · Salam pembuka · Menyampaikan tujuan pembelajaran (KD dan Indikator pencapaian hasil belajar) · Memotivasi siswa dengan menekankan pentingnya topik ini untuk keperluan lebih lanjut dan manfaatnya dalam kehidupan | ·Mendengarkan penjelasan guru ·Mendengarkan motivasi yang diberikan guru | 5 menit | ceramah |
Fase 2 Mengajukan informasi | · Guru menginformasikan bagian-bagian materi yang nantinya akan dipelajari siswa dalam kelompok | · Memperhtikan penjelasan guru | 10 menit | ceramah |
Kegiatan inti | ||||
Fase 3 Mengorganisasikan siswa dalam kelas dengan anggota 4 siswa setiap kelompoknya | · Meminta siswa untuk duduk berkelompok sesuai dengan kelompok · Memberikan lembar materi , 2 set untuk tiap kelompok dan meminta siswa untuk kerja berpasangan Catatan : Ø Anggota kelompok ditentukan guru Ø Satu kelompok terdiri dari 4 orang siswa | · Segera duduk dalam kelompok · Menerima2 set lembar materi melalui ketua kelompok masing-masing dan membagikannya kepada setiap pasang · Segera membentuk pasangan dalam kelompok | 5 menit | |
Fase 4 Membimbing pasangan kelompok dalam bekerja dan belajar | · Berkeliling mengunjungi kelompok pada saat diskusi kelompok berlangsung. Jika ada siswa yang bertanya maka guru memberikan jawaban untuk meluruskan pemahaman siswa · Jika siswa terlihat kurang aktif maka guru harus memberikan dorongan atau motivasi untuk lebih aktif dalam diskusi | · Membaca materi · Melakukan diskusi dan bertanya kepada guru jika ada materi yang tidak dimengerti · Menerima dorongan atau motivasi dari guru | 25 menit | diskusi |
Fase 4 | · Memberitahukan kepada siswa bahwa waktu telah selesai dan meminta siswa untuk kembali kekelompok · Membagi LKS · Meminta siswa secara bergantian untuk presentasi dalam kelompok dan menjadi tutor yang baik untuk teman sekelompoknya · Meminta siswa untuk mengerjakan LKS · Meminta siswa untuk duduk tidak berkelompok | · Selesai berdiskusi dalam pasangan, siswa kembali menyatu dengan kelompok · Menerima LKS · Mempresentasikan materi yang dimilikinya dalam kelompok dan menjadi tutor sebaya · Mengerjakan LKS · Siswa duduk tidak berkelompok | 10 menit | diskusi |
Fase 5 | · Membagi kuis dan meminta siswa untuk mengerjakan secara individu | · Mengerjakan kuis secara individu | 10 menit | |
Penutup | ||||
Fase 6 Memberikan penghargaan | · Menyajikan pembahasan soal kuis dengan singkat · Mengevaluasi jalannya pembelajaran hari ini | · Memperhatikan penjelasan guru | 5 menit | |
H. Evaluasi
1) Berilah 3 contoh aturan di rumah
2) Apa yang terjadi jika kamu melanggar aturan yang telah disepakati di rumah?
3) Berilah 3 contoh aturan di sekolah
4) Berikan gambaran akibat yang terjadi jika melanggar aturan di sekolah!
5) Berilah 3 contoh aturan di masyarakat dalam menjaga kesehatan
6) Berikan penilaian yang akan timbul jika melanggar aturan di masyarakat

Nama kelompok : …………..
Anggota kelompok :
1………………………………
2………………………………
3………………………………
4………………………………
Amatilah media yang menggambarkan rumah, sekolah, puskesmas dan taman di sebuah kota yang damai dan hijau.
Lakukan diskusi bersama kelompokmu!
Baca dan jawablah pertanyaan di bawah ini.
v Berilah tanda centang (√) pada jawaban yang benar
perbuatan yang dilakukan | norma sopan santun | norma agama | norma hukum |
1. berangkat sekolah minta ijin pada orang tua | | | |
2. tidak terlambat masuk sekolah | | | |
3. bergaul dengan siapapun tidak membedakan teman | | | |
4. menyeberang jalan lewat zebra cross | | | |
5. tidak boleh membunuh binatang sesuka hati | | | |
6. mengucapkan salam jika bertemu teman | | | |
7. berhenti jika lampu menyala merah | | | |
8. tidak boleh merokok di puskesmas | | | |
9. berjalan kaki di sebelah kiri jalan | | | |
10. mendengarkan dan mematuhi nasihat orang tua | | | |
Kunci jawaban LKS 1
1. norma sopan santun
2. norma hukum
3. norma agama
4. norma hukum
5. norma agama
6. norma agama
7. norma hukum
8. norma hukum
9. norma hukum
10. norma sopan santun

glosari
norma : aturan; apa yang boleh dan tidak boleh
norma agama : peraturan yang berasal dari Tuhan untuk orang yang beragama agar menaati perintah Tuhan.
norma hukum: aturan atau ketentuan resmi yang dibuat oleh pemerintah. untuk mengatur tingkah laku seseorang atau masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
norma sopan santun: aturan yang dibuat ketika seseorang bergaul dengan orang lain.
LEMBAR KEGIATAN SISWA 2

Nama kelompok : …………..
Anggota kelompok :
1…………………………………….
2…………………………………….
3…………………………………….
4…………………………………….
Amatilah media yang menggambarkan rumah, sekolah, puskesmas dan taman di sebuah kota yang damai dan hijau.
Lakukan diskusi bersama kelompokmu!
Baca dan jawablah pertanyaan di bawah ini.
v Berilah tanda centang (√) pada jawaban yang benar
aturan | di rumah | di sekolah | di masyarakat |
1. mengucapkan salam saat bertamu | | | |
2. minta ijin jika mau pergi pada bapak/ ibu | | | |
3.berpakaian seragam sekolah dengan rapi | | | |
4. dilarang meninggalkan kelas pada saat pelajaran | | | |
5. tidak boleh tidur larut malam | | | |
6. menjenguk tetangga yang sakit | | | |
7. dilarang merokok | | | |
8.berhenti pada saat lampu menyala merah | | | |
9.tempat parkir | | | |
10.buang sampah di tempatnya | | | |
Kunci jawaban LKS 2
1. di masyarakat
2. di rumah
3. di sekolah
4. di sekolah
5. di rumah
6. di masyarakat
7. di sekolah, di masyarakat
8. di masyarakat
9. di masyarakat
10. di rumah, di masyarakat

glosari
norma : aturan; apa yang boleh dan tidak boleh
tujuan norma : sebagai panduan, tatanan dan kendali terhadap tingkah laku masyarakat
versi lapangan
LEMBAR KEGIATAN SISWA 1

Anggota kelompok :
1…………………………………….
2…………………………………….
Amatilah media yang menggambarkan rumah, sekolah, puskesmas dan taman di sebuah kota yang damai dan hijau.
Lakukan diskusi bersama kelompokmu!
Baca dan jawablah pertanyaan di bawah ini.
v Berilah tanda centang (√) pada jawaban yang benar
aturan | di rumah | di sekolah | di masyarakat |
1. mengucapkan salam saat bertamu | | | |
2. minta ijin jika mau pergi pada bapak/ ibu | | | |
3. berpakaian seragam sekolah dengan rapi | | | |
4. dilarang meninggalkan kelas pada saat pelajaran | | | |
5. tidak boleh tidur larut malam | | | |
6. menjenguk tetangga yang sakit | | | |
7. dilarang merokok | | | |
8. berhenti pada saat lampu menyala merah | | | |
9. tempat parkir | | | |
10.buang sampah di tempatnya | | | |
Kunci jawaban LKS 1
1. di masyarakat
2. di rumah
3. di sekolah
4. di sekolah
5. di rumah
6. di masyarakat
7. di sekolah, di masyarakat
8. di masyarakat
9. di masyarakat
10. di rumah, di masyarakat

glosari
norma : aturan; apa yang boleh dan tidak boleh
tujuan norma : sebagai panduan, tatanan dan kendali terhadap tingkah laku masyarakat
LEMBAR KEGIATAN SISWA 2

Anggota kelompok :
1…………………………………….
2…………………………………….
Amatilah media yang menggambarkan rumah, sekolah, puskesmas dan taman di sebuah kota yang damai dan hijau.
Lakukan diskusi bersama kelompokmu!
Baca dan jawablah pertanyaan di bawah ini.
v Berilah tanda centang (√) pada jawaban yang benar
aturan yang dilanggar | di rumah | di sekolah | di masyarakat |
1. tidak diberi uang saku karena tidak mau belajar | | | |
2. dihukum orang tua karena bertengkar dengan adik | | | |
3. parkir sembarangan, sehingga membuat macet lalu lintas | | | |
4. dihukum karena membuang sampah sembarangan di kelas | | | |
5. tidak berhenti pada saat lampu menyala merah sehingga terjadi kecelakaan lalu lintas | | | |
6. dimarahi petugas puskesmas karena tidak tertib antri giliran | | | |
7. dihukum guru karena tidak mengerjakan PR | | | |
8. mencuri TV dibalai pertemuan RW | | | |
9. dimarahi orang tua karena tidak minta ijin bermain ke rumah teman | | | |
10. tertabrak kendaraan pada saat menyeberang ketika lampu hijau menyala | | | |
Kunci jawaban LKS 2
1. di rumah
2. di rumah
3. di masyarakat
4. di sekolah
5. di masyarakat
6. di masyarakat
7. di sekolah
8. di masyarakat
9. di rumah
10. di masyarakat

glosari
norma : aturan; apa yang boleh dan tidak boleh
tujuan norma : sebagai panduan, tatanan dan kendali terhadap tingkah laku masyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar