a.burastabs, a.burastabs:link, a.burastabs:visited {display:block; width:102px; height:30px; background:#444444; border:1px solid #ebebeb; margin-top:2px; text-align:center; text-decoration:none; font-family:arial, sans-serif; font-size:12px; font-weight:bold;color:#FFFFFF; line-height:25px; overflow:hidden; float:left;} a.burastabs:hover {color:#FFFFFF; background:#666666;} #burasbar {width:auto; margin:0 auto;}

Rabu, 17 September 2014

SAP Mata Kuliah Pengelolaan Kelas 2014

SATUAN ACARA PERKULIHAN (SAP) PENGELOLAAN KELAS Semester Ganjil Tahun Akademik 2014/2015 STAI AL-KHAIRAT PAMEKASAN I. IDENTITAS MATA KULIAH A. Data Pribadi Nama Dosen : Mohlis, M.PdI Alamat Rumah : Ds. Pakong, Kec. Pakong Kab. Pamekasan Korespondensi :HP 081703237088/085257209264 PIN BB : 2749A7F9 E-mail & YM : mohlis_s@yahoo.com ; Web : www.mohliesone.blogspot.com Tempat Konsultasi : Ruang Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam Jam Konsultasi : Di luar jam kuliah, sesuai appointment B. Mata Kuliah Matakuliah / Kode : Pengelolaan Kelas / - Bobot : 2 (Dua) SKS Kelompok MK : MKB Prodi : Pendidikan Agama Islam STAIFAS Semester / TA : VII (Tujuh)/ 2014-2015 Hari / Jam : Kamis /13.30 – 15.00 WIB II. RASIONAL Mata kuliah ini merupakan Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) yang harus dikuasai mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga memiliki wawasan yang mendalam tentang materi terkait dan keterampilan profesional untuk mengelola kelas, sehingga tercipta situasi dan kondisi yang kondusif bagi pelaksanaan pembelajaran di sekolah. III. STANDAR KOMPETENSI Menguasai teori-teori dasar pengelolaan kelas dan memiliki kemampuan menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran. IV. KOMPETENSI DASAR PEMBELAJARAN Setelah terjadi proses dan pemberian pengalaman pembelajaran, mahasiswa diharapkan dapat : 1. Memahami konsep dasar pengelolaan kelas 2. Memahami fungsi guru dalam kelas 3. Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan problem dalam pengelolaan kelas 4. Mampu menerapkan punishment yang proporsional dan efektif untuk mengkondisikan kelas 5. Mengenal berbagai macam bentuk pengorganisasian kelas dan mensimulasikannya. V. MATERI POKOK a. Konsep dasar PK : latar belakang, pengertian, tujuan b. Fungsi Guru dalam Kelas c. Problem dalam PK : jenis, pendekatan dan teknik penyelesaian d. Punishment e. Pengorganisasian Kelas VI. PENDEKATAN PERKULIAHAN Perkuliahan ini diselenggarakan dengan pendekatan pembelajaran aktif (Active learning), dalam bentuk pemberian tugas terstruktur dan tugas mandiri dengan pendekatan inquiry, selain simulasi pemahaman konsep yang telah dipahami sebelumnya Mahasiswa diharapkan mempelajari konsep-konsep pengelolaan kelas secara mandiri, berpartisipasi aktif dalam perkuliahan dan kritis dalam menganalisis berbagai persoalan terkait. Langkah-langkah Kegiatan Perkuliahan (I) a. Mahasiswa sudah mempelajari materi perkuliahan secara mandiri sebelum kegiatan perkuliahan berlangsung. b. Hasil belajar mandiri mahasiswa dituangkan dalam bentuk resume yang disusun berdasarkan referensi yang ditunjuk, dengan ketentuan: c. Secara acak, dosen menunjuk mahasiswa untuk mempresentasikan hasil belajar mereka dalam diskusi kelas. Mahasiswa lain memberikan respon terhadap presentasi dan pendapat mahasiswa lainnya. d. Dosen memberikan penguatan materi. Langkah-langkah Kegiatan Perkuliahan (II) a. Mahasiswa secara berkelompok mempresentasikan makalah pengorganisasian kelas sesuai tema yang ditugaskan b. Jika dipandang perlu, mahasiswa diminta mensimulasikan pengorganisasian kelas c. Kelompok yang lain menanggapi d. Dosen memberikan penguatan materi dan bersama-sama mahasiswa merefleksikan hasil diskusi VII. TOPIK DAN JADWAL KULIAH N0. PERTEMUAN Topik bahasan Siapa/Subyek 1 I Overview Rencana kuliah dan kontrak belajar Dosen & Mhs 2 II Konsep Dasar Pengelolaan Kelas Dosen & Mhs 3 III Prinsip-prinsip Pengelolaan Kelas Dosen & Mhs 4 IV Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas Dosen & Mhs 5 V Aspek, fungsi dan faktor – faktor yang berpengaruh dalam Manajemen Pengelolaan Kelas Dosen & Mhs 6 VI Komponen-komponen keterampilan mengelola kelas Dosen & Mhs 7 VII Ujian Tengah Semester (UTS) Mahasiswa 8 VIII Prosedur Pengelolaan Kelas Dosen & Mhs 9 IX Rancangan Prosedur Pengelolaan Kelas Dosen & Mhs 10 X Pengaturan Lingkungan Fisik Kelas Dosen & Mhs 11 XI Disiplin Kelas Dosen & Mhs 12 XII Pengelolaan Kualitas Pembelajaran Dosen & Mhs 13 XIII Penilaian berbasis Kelas Dosen & Mhs 14 XIV Ujian Akhir Semester (UAS) Mahasiswa VIII. BUKU REFERENSI POKOK a. Amintembun, Pengelolaan Kelas, Jilid I dan II b. Asep Suryana, Manajemen Kelas c. Depdikbud, Pengelolaan Kelas d. Hadawi Nawawi, Pengelolaan Kelas e. Radno Harsanto,. Pengelolaan Kelas yang Dinamis f. Suharsini Arikunto, Pengelolaan Kelas g. Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar h. M. Entang clan T . Raka Joni, Pengelolaan Kelas. i. Abdorrahman Ginting, Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran IX. EVALUASI PROSES DAN PRODUK BELAJAR Pencapaian kompetensi sebagai bentuk keberhasilan pembelajaran mahasiswa akan dinilai melalui penilaian autentik berdasarkan proses belajar. Penilaian terhadap aspek-aspek kompetensi dilakukan berdasarkan unjuk kerja, portofolio, dan test tulis. Penilaian Portofolio Penilaian portofolio didasarkan atas: 1. Originalitas resume. Resume bukan hasil jiplakan terhadap hasil kerja lain. Bilamana terdapat dua resume atau lebih yang memiliki kemiripan redaksional, maka seluruhnya dianggap tidak original. 2. Keterliputan substansi resume. 3. Kesesuaian isi resume. Penilaian portofolio didasarkan atas pengerjaan tugas matakuliah setiap sesi perkuliahan, dengan kriteria penilaian: Kriteria Nilai A B C D E Original V V V V Memenuhi Substansi V V Kurang memenuhi substansi V V V Tepat Waktu V V V Sesuai dengan sistematika penulisan V V V V V Keterangan: 1. Nilai A (4) a. Memenuhi substansi materi. b. Diserahkan Tepat Waktu c. Original, Bukan Plagiasi d. Sesuai dengan sistematika penulisan yang telah ditentukan. 2. Nilai B (3) a. Memenuhi substansi penugasan, diserahkan tidak tepat waktu, atau b. Kurang memenuhi substansi penugasan, diserahkan tepat waktu c. Original, Bukan Plagiasi d. Sesuai dengan sistematika penulisan yang telah ditentukan 3. Nilai C (2) a. Kurang memenuhi substansi penugasan, diserahkan tidak tepat waktu, atau b. Tidak memenuhi substansi penugasan, diserahkan tepat waktu c. Original, bukan Plagiasi d. Sesuai dengan sistematika penulisan yang telah ditentukan 4. Nilai D (1) a. Tidak original/plagiasi b. Memenuhi/tidak memenuhi substansi penugasan c. Diserahkan tepat/tidak waktu. d. Sesuai dengan ketentuan penulisan yang telah ditentukan 5. Nilai E (0) Tidak menyerahkan tugas Penilaian Unjuk Kerja Penilaian unjuk kerja didasarkan atas: Kesiapan dan keaktifan mahasiswa dalam presentasi dan diskusi. Kualitas presentasi mahasiswa. Kriteria Penilaian Unjuk Kerja: Ketegori Nilai A B C D E a. Siap V V V b. Menguasai Materi V c. Kurang Menguasai Materi V d. Tidak Menguasai Materi V V e. Tidak Masuk V Tes Tulis Tes tulis didasarkan atas: 1. Kesesuaian jawaban dengan pertanyaan. 2. Kemencakupan jawaban. Nilai Akhir Perhitungan nilai akhir didasarkan atas hasil rata-rata seluruh komponen nilai, dengan rumus: RNP + RNUK + RNUT = Nilai Akhir 3 Keterangan: RNP = Rata-rata Nilai Portofolio RNUK = Rata-rata Nilai Unjuk Kerja RNUT = Rata-rata Nilai Ujian Tulis X. Disiplin Perkuliahan 1. Kegiatan perkuliahan akan dilaksanakan 13 (dua belas) sampai dengan 14 (enam belas) kali tatap muka. 2. Bila terjadi karena satu dan lain hal dosen tidak hadir dalam perkuliahan, maka: a. Kegiatan perkuliahan akan digantikan pada waktu yang lain, berdasarkan kesepakatan dosen dan mahasiswa. b. Mahasiswa yang hadir dalam kegiatan perkuliahan pengganti berhak memperoleh nilai A (4) untuk seluruh komponen penilaian. c. Mahasiswa yang tidak hadir dalam kegiatan perkuliahan pengganti berhak memperoleh nilai B (3) untuk seluruh komponen penilaian. 3. Disiplin perkuliahan sepenuhnya mengacu pada ketentuan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Khairat Pamekasan 4. Mahasiswa yang tidak aktif mengikuti kegiatan kuliah lebih dari 30 % dianggap mengundurkan diri dari program matakuliah. 5. Penulisan resume: a. Resume merupakan ringkasan bacaan mahasiswa yang ditulis dengan jumlah halaman bebas, untuk memastikan mahasiswa belajar terlebih dahulu sebelum mengikuti kuliah. b. Resume ditulis tangan atau diketik. c. Resume diserahkan dalam bentuk hardcopy pada saat UAS. d. Mahasiswa yang karena satu dan lain hal tidak masuk kuliah/menyerahkan tugas (resume) dapat menyerahkan resume susulan dengan hak nilai maksimal 2/C. 6. Hal-hal yang belum tertuang dalam disain perkuliahan ini akan ditentukan kemudian berdasarkan kesepakatan dosen dan mahasiswa. Pamekasan, 17 September 2014 Dosen Pembina Mata Kuliah Mohlis, M.PdI